Skip to main content

Posts

Cara Menentukan Klasifikasi Diesel

dalam keseharian kita sering mengenal mesin diesel, apalagi mobil mobil sekarang sudah banyak yang menggunakan mesin diesel. jika kita melirik ke dunia perkapalan, maka hampir semua kapal menggunakan mesin diesel karena memang mesin diesel ini dinilai paling efisien. sekarang kita kembali ke judul, bagaimana cara menentukan klasifikasi suatu mesin diesel ini termasuk ke diesel putaran rendah / low speed, putaran menengah / medium speed ataukah high speed / putaran tinggi. Berikut ini adalah cara sederhana untuk menentukan klasifikasi diesel berdasarkan putarannya sebagai berikut : ◦        < 300 rpm                         : low speed ◦        300 s/d 1000 rpm              : medium speed ◦        > 1000 rpm                       : high speed Atau dengan cara : —   Speed factory    = piston speed x rpm/ 100.000   —   Piston speed      = 2 x stroke x rpm / 12 (ft/min)                                  Bila speed factor :                                

Persiapan Kapal Naik Dok (Dokumen)

Apa kabar sobat Blogger semua...semoga kita senantiasa dalam perlindungan-Nya, Amiin.  Sebelum kapal dinaikkan keatas dok maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu: data - data kapal, informasi tentang kapal kepada kepala dok ( dock master ) dan apa saja yang masuk kontrak kerja dalam perawatan dan perbaikan kontrak kerja berisi antara lain: 1. Rincian pekerjaan yang harus dikerjakan oleh pihak dok. 2. Waktu penyelesaian pekerjaan (kalender kerja). 3. Harga penawaran (dari pihak pemilik kapal). 4. Cara pembayaran 5. Asuransi kapal. 6. Sanksi bila pekerjaan tidak sesuai kontrak (kwalitas pekerjaan / waktu penyelesaian). Data-data Kapal a) Data-data yang harus dipersiapkan dalam proses pengedokan kapal meliputi:     1) Gambar rencana dok dari kapal ( docking plan ),     2) Gambar Rencana umum ( general arangement )     3) Gambar konstruksi badan kapal ( construction profile )     4) Midship section     5) Gambar kapasitas tangki dasar ganda da

Jenis - Jenis Dok Kapal

Selamat siang kawan blogger, kali ini kita bahas mengenai jenis jenis dok yang ada di galangan kapal sehingga diharapkan dengan adanya pembahasan ini, sobat blogger semua mengerti berbagai jenis dok yang ada. Lazimnya kata Dok biasanya diikuti dengan kata galangan kapal atau biasa dikenal dalam bidang maritime adalah Dok dan Galangan Kapal.  Galangangan kapal adalah tempat untuk membangun kapal baru sedangkan Dok adalah tempat untuk memperbaiki/merawat kapal. Berbagai jenis Dok yang di operasikan di galangan kapal dengan cara kerja yang berbeda antara lain: Graving dock ( Dok kolam), Dok Apung, Slip way ( Dok tarik ), Dok Angkat ( Syncrolif Dray Dock ). baiklah, berikut ini pembagian jenis dok berdasarkan cara pengoperasiannya dan kerjanya, antara lain : 1. Dok Kolam (Graving dock) : Yaitu dok yang berbentuk kolam, yang mana air didalamnya dapat dikuras sampai habis dengan pompa perlengkapan dok tersebut. Dok kolam yang sering juga disebut Dok Gali adalah suatu bangu

Pompa Roda Gigi (Gear Pump)

Selamat Sore para pembaca setia blogger, pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan mengenai pembahasan jenis – jenis pompa, jenis pompa yang kita bahas kali ini adalah gear pump, ada 2 jenis gear pump, internal dan external gear pump. Berikut penjelasannya. Pompa Roda Gigi Internal ( Internal Gear Pump ). Pompa ini menggunakan dua roda gigi sebagai penggerak fluida kerja di dalam   casing  pompa. Satu roda gigi menjadi penggerak dan yang lainnya menjadi yang digerakkan. Roda gigi penggerak berada di dalam roda gigi yang digerakkan. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut. Dan berikut adalah proses dimana fluida kerja dipompa oleh pompa roda gigi internal ini. Cara Kerja Internal gear pump bekerja dengan memanfaatkan roda gigi dalam yang biasanya dihubungkan dengan penggerak dan roda gigi luar yang biasanya bertindak sebagai idler. Awalnya fluida masuk lewat   suction port antara rotor (roda gigi besar) dan idler (roda gigi kecil). Fluida kemudian

Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pump)

Seperti yang kita ketahui, pompa terdiri dari beberapa macam dan prinsip kerja yang tentunya berbeda-beda . Pompa merupakan suatu alat yang digunakan untuk memberikan enegi / head pada fluida sehingga dapat bergerak dan berpidah dari tempat A ke tempat B. Pompa Sentrifugal merupakan jenis pompa  yang paling banyak dipakai, dalam dunia perkapalan, penggunaan pompa ini sangat penting. Pompa ini mempunyai beberapa kelebihan diataranya karena peng-oprasiannya yang mudah, pemeliharaan yang tidak terlalu mahal, tidak berisik dan sebagainya. Kali ini kita akan coba bahas mengenai apa itu pompa sentrifugal, gimana cara kerjanya, dan fungsi komponen-komponennya. Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pump) Pompa sentrifugal adalah pompa yang memiliki elemen utama berupa motor penggerak dengan sudu impeller yang berputar dengan kecepatan tinggi. Prinsip kerjanya yaitu merubah energi mekanis dari alat penggerak menjadi energi kinetis fluida (kecepatan), kemudian fluida akan diarahkan ke salur

INSTALASI PIPA DALAM KAPAL

Pembahasan kali ini mengenai perpipaan. langsung saja dimulai. A. Material instalasi pipa Bagian yang diperlukan dalam instalasi system pipa, sambungan aliran, pengatur katup dan lain-lain Pipa adalah bagian utama dari suatu system yang menghubungkan titik dimana fluida disimpan ketitik pengeluaran. Sambungan adalah peralatan yang menghubungkan pipa satu ke pipa yang lain atau dari pipa kebadan kapal. Sambungan tersebut meliputi flens, sambungan T sambungan siku, sambungan melalui dinding kedap sambungan melalui dinding kedap, geladak dll. Alat pemutus dan alat pengarah aliran ( Valve ) adalah peralatan yang berguna untuk memutuskan, menghubungkan, serta merubah arah kebagian yang lain dari system pipa dan juga untuk mengontrol aliran dan tekanan dari fluida. Pengatur katup ( Valve gear ) adalah peralatan untuk mengontrol katup pada system pipa baik dari tempat itu ( local control ) maupun dari tempat yang jauh ( remote control ). Peralatan lain, peralatan ini biasanya d