Skip to main content

Posts

Proteksi Katodik (Cathodic Protection)

Apa kabar sobat Blogger semua...membahas mengenai cathodik protection. Proteksi Katodik ( Cathodic Protection ) dalah teknik yang digunakan untuk mengendalikan korosi pada permukaan logam dengan menjadikan permukaan logam tersebut sebagai katode dari sel saraf Proteksi katodik ini merupakan metode yang umum digunakan untuk melindungi struktur logam dari korosi. Sistem proteksi katodik ini biasanya digunakan untuk melindungi baja, jalur pipa, tangki, tiang pancang, kapal, anjungan lepas pantai dan casing (selubung) sumur minyak di darat. Efek samping dari penggunaan yang tidak tepat adalah timbulnya molekul hidrogen yang dapat terserap ke dalam logam sehingga menyebabkan hydrogen embrittlement (kegetasan hidrogen). Proteksi katodik adalah cara yang effektif dalam mencegah stress corrosion cracking (retak karena korosi). Sejarah Penggunaan pertama CP adalah pada tahun 1852, ketika Sir Humphry Davy, salah seorang perwira AL Inggris, melekatkan sebongkah besi p

Kenapa Kecepatan tidak sesuai dengan target??

Apa kabar sobat Blogger semua... Didalam sebuah project yg berhubungan dengan kapal, baik pembangunan kapal baru maupun perbaikan kapal yg sudah ada, dalam hal ini dilaksanakan penggantian mesin lama dengan mesin baru yg sesuai, kegiatan penggantian mesin induk ini biasa disebut dengan repowering / re-engine. Sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut, perlu dilaksanakan beberapa kajian/analisa/perhitungan untuk memastikan mesin yg akan dipasang di kapal baik kapal baru maupun kapal perbaikan bisa sesuai dengan spek dan bisa menempuh kecepatan servis sesuai target. Selain itu, mesin juga tidak bisa dipasang sembarangan, baik dari segi teknis maupun lingkungannya. Jangan sampai terjadi masalah mesin setelah dipasang ternyata tidk bisa mencapai performa maksimal hanya karena ventilasi tidak didesign secara benar, yg menyebabkan  supply udara di ruang mesin kurang dan tempratur ruang mesin menjadi panas. Atau yg lebih parahnya kapal tidak bisa bergerak dengan kecepatan sesuai yang diin

Trip Survey Ke Mentigi - Tanjung Uban

Apa kabar sobat Blogger semua... Lagi nganggur malam2 di hotel, jadi kepikiran buat nulis artikel buat ngisi blog yang terus mencoba berkembang ini. Bingung juga sebenarnya mau nulis apaan ini? Berhubung ni lagi ad trip ke pulau bintan, jd kepikiran buat nulis tentang pengalanman selama perjalanan kesini. Diawali dari jawa timur tepatnya di sby-sda bungurasih perjalanan ini dimulai, kebetulan lg ad job suvey kapal buat proyek di bintan jadi ya sekalian aja nih numpang cerita hahaha. Dari bungur menuju juanda bisa naik taksi, bus suttle, bisa juga ojeg, ad banyak moda transport dari bungur ke juaaanda deh..kalau taksi kisaran harga di 75rb-100rb tergantung pake taksi apa dan mau lewat mana (tol apa bawah), saran kalau masih dibawa jam 6 pagi mending lewat bawah saja karena jalanan masih relatif sepi dan jaraknya juga lebih dekat, tentu akan ngefek ke argo taksi ni..kisaran waktu yg dibutuhkan 20mnt an lah kalau lewat bawah saat pagi2..kalau lewat tol lama perjalanan juga

Shortcut untuk auto cad

Apa kabar sobat Blogger semua... Kita sering sekali saat menggambar suatu benda atau objek menggunakan softwere autocad selalu merasa kalau setiap kali mau melakukan command masih harus menggeser pointer mouse untuk meng "klik"command tersebut. sepertinya hal ini sedikit memakan waktu, misalnya saja kita akan membuat garis, kita harus mencari logo pada toolbar terlebih dahulu agar bisa menjalankan command untuk membuat sebuah garis, ini mungkin masih bisa ditolelir jika kita menggunakan komputer yang sama, lah kalau kita menggunakan komputer orang lain yang penempatan tolbarnya psti berbeda-beda dengan posisi toolbar pada komputer yang biasa kita pakai, pasti kita harus keliling menyisir setiap sudut monitor untuk mencari tool tersebut apalagi kalau tool tersebut hilang / belum dimunculkan, apa gak bingung malahan huahahahahahha. okey braaay, dari permasalahan itu, maka saya coba berikan sortcutnya Notes: 1. Generally a shortcut prefixed with