Skip to main content

Trip Survey Ke Mentigi - Tanjung Uban

Apa kabar sobat Blogger semua...
Lagi nganggur malam2 di hotel, jadi kepikiran buat nulis artikel buat ngisi blog yang terus mencoba berkembang ini. Bingung juga sebenarnya mau nulis apaan ini? Berhubung ni lagi ad trip ke pulau bintan, jd kepikiran buat nulis tentang pengalanman selama perjalanan kesini.

Diawali dari jawa timur tepatnya di sby-sda bungurasih perjalanan ini dimulai, kebetulan lg ad job suvey kapal buat proyek di bintan jadi ya sekalian aja nih numpang cerita hahaha.

Dari bungur menuju juanda bisa naik taksi, bus suttle, bisa juga ojeg, ad banyak moda transport dari bungur ke juaaanda deh..kalau taksi kisaran harga di 75rb-100rb tergantung pake taksi apa dan mau lewat mana (tol apa bawah), saran kalau masih dibawa jam 6 pagi mending lewat bawah saja karena jalanan masih relatif sepi dan jaraknya juga lebih dekat, tentu akan ngefek ke argo taksi ni..kisaran waktu yg dibutuhkan 20mnt an lah kalau lewat bawah saat pagi2..kalau lewat tol lama perjalanan juga sektr 20mnt an cuma jatuhnya lebih mahal karena jark lebih jauh dan ad tambahan biaya tol 7rbu pula.

Kalau naik bus suttle agak hemat sekitr 25rb saja kalau belum naik loh hehehehe, hanya saja kita harus me nunggu dulu kalau berangkt, jd spare wkt yg dibutuhkan relatif lebih lama sekitar 1,5jam an lah..kalau ojek biasanya 50rb...

Ok lah ahirnya saya sampai juga di bandara internasional juanda, lgs cek in tanpa bayar bording pass lagi dan lgs masuk ruang tunggu keberangkatan. Oia sekarang tiket pesawat sudah termasuk biaya boarding pass jdi kita tdk perlu antri buat bayar pass bandara lgi sprt dulu..lebih enak dan cepat lah..maskapai yg saya tumpangin seperti biasa, pesawat "sejuta umat" hehehe pasti pada tau laa L**n, skrg ini sudah mulai lebih baik, on time schedule dikit laa walau kadang2 banyak molor jiaaaah!!tp pelayanannya masih relatif bagus..keep up a good work guys!!.you can do better than before!!


Setelah nunggu di ruang tunggu, ahirnya saya masuk pesawat, perjalanan sby-batam sekitar 2jam10 menit, cukup cepat dri pada berenang huahahahaha
Saat masuk pesawat seperti biasa, yg nomer kursi diatas 20 lewat pintu belakang yang dibawah 20 lewt pintu depan, tp aaaada saja penumpang yg nyelonong masuk dari pintu depan padahal tempt duduknya di belakang,  alhasil bejubel lah di lorong pesawat yg sempit ini..fiuuuh ahirnya duduk juga saya di tempat yg sudah sesuai dengan nomer yg tertera di tiket.

Sambil duduk saya melihat para pramugari memperagakan cara memakai alat safety dan cara menghadapi kondisi darurat, setelah itu pesawat terbang take off..wussssss dan aq pun terlelap..saya terbangun krn pesawt sedikit terhempas, ternyata pesawat sudah landing di bandara hang nadim batam batu besar, Alhamdulillah.

Sekarang tinggal cari taksi deh buat menuju dermaga telaga punggur, biayanya sekitar 90rb an selama kurang lebih 20 mnt an dri bandra.

Telaga Punggur - dermaga speed boat


Dari punggu naik speed boat seharga 45rb + pass pelabuhan 5rb, setelah masuk pelabuhan saya nunggu jam keberangkatan speed nya yg berangkt tiap stengh jam sekali, dari punggur menuju tanjung uban naik speed selama 15-20 mnt dan sampailah saya di pulau bintan yg adem ayem sejuk tentrem.

Dermaga speed - Mentigi
Ada banyak wisata disini, pantai nya masih bersih, bening dan masih sterill..kalau jalan2 bisa sewa mobil sekitr 250rb-300rb/hari lah..hotel disekitr sini juga relatif tejangkau lah 100-600rb an..saya sendiri ambil yg harga 200rb..lumayan lah berhemat hahaha.


 Selain sewa mobil, bisa juga sewa motor 70rb per hari, ad juga ojek, ad juga carter mobil tergantung jauh dekatnya pemakaian. Minimal 50rb 1 kali trip utk carter mobil. Barang2 disini banyak yg impor dri malaysia dan singapore seperti minuman kaleng, jajanan, coklat, permen dan lain2, mobil juga banyak yg eks singpur.

Jadi kalau mau belanja jg bisa disini, kalau mau jalan2 santai dan rekreasi juga cocok banget nih.

Oh iya lupa aq, kan tujuannya kesini bukan rekreasi tp kerja ni hehehehen, so, let's get back to work brothers!!survey kapal, cari data sana sini, naik turun kapal, keluar masuk kamar mesin, blusukan got, cari name plat mesin, pompa,genset, blower etc. Ukur2 peralatan, ruangan, kondisi bangunan kapal, kondisi plat, kondisi mesin, apalah apalah pokoknya..lengkap deh.

Demikian celotehan malam ini..ngantuk trus pegel ngetik nang bb karo leyeh leyeh..jempol gemeterrr..c u!!zzzz..zz..zzzz o o o o..


Comments

Popular posts from this blog

Istilah NPS - DN dan Outside Diameter Pada Pipa

Sudah lama tidak posting, karena kesibukan dan kemalasan yang mendera. Baik kali ini akan coba kita bahas mengenai kode – kode pipa, saat kita akan mendesign atau membaca gambar pipa system, sering kali kita menjumpai kode NPS atau DN. Apa seeh maksudnya kode – kode ini dan apa kegunaannya akan coba kita bahas di sini. NPS (Nominal Pipe Size) & DN (Nominal Diameter) Dari standard ASME B16.5 Paragraf.1.9.2 ukuran NPS, diikuti oleh nomer tanpa dimensi (dimensionless) menunjukkan ukuran nominal flange atau sambungan (fitting) flange. NPS berhubungan dengan istilah nominal diameter (DN), yang digunakan sebagai satuan internasional (SI unit). Hubungannya seperti dibawah ini: NPS DN ½ 15 ¾ 20 1 25 1 ¼ 32 1 ½ 40 2 50 2 ½ 65 3 80 4 100 5 125 6 150 8 200 Untuk NPS ≥ 4, adalah kelipatan 25 Catatan

Sistem Kontruksi Kapal

Sistem Kontruksi Kapal Sistem kerangka/konstruksi kapal (framing system) dibedakan dalam dua jenis utama; yaitu sistem kerangka melintang (transverse framing system) dan sistem membujur atau memanjang (longitudinal framing system). Dari kedua sistem utama ini maka dikenal pula system kombinasi (combination/mixed framing system). Suatu kapal dapat seluruhnya dibuat dengan sistem melintang, atau hanya bagian-bagian tertentu saja (misalnya kamar mesin dan/atau cerukceruk) yang dibuat dengan sistem melintang sedangkan bagian utamanya dengan sistem membujur atau kombinasi; atau seluruhnya dibuat dengan sistem membujur. Pemilihan jenis sistem untuk suatu kapal sangat ditentukan oleh ukuran kapal (dalam hal ini panjangnya sehubungan dengan kebutuhan akan kekuatan memanjang), jenis/fungsi kapal menjadikan dasar pertimbangan-pertimbangan lainnya.. Untuk mengenali apakah suatu kapal, atau bagian dari badan kapal dibuat dengan sistem melintang atau membujur dapat dilihat pada panelp

Pengertian Dasar DWT, PAYLOAD dan GRT

Load Lines Load Line merupakan istilah formal yang diberikan untuk menandai bagian dari midship kapal pada kedua sisi dari kapal tersebut untuk menunjukkan batas sarat kapal ketika kapal bermuatan. Pembatasan sarat ini didapat dengan pengukuran dari dek kedap cuaca (normalnya dek freeboard) sampai pada tanda garis muat midship. Jarak ini disebut juga dengan “Freeboard” (lambung timbul) pada kapal. a. Design Draft Design Draft merupakan tinggi sarat air pada suatu kapal. Yaitu jarak dari dasar kapal sampai garis air muat (water line). b. Displacement Adalah jumlah volume air yang dipindahkan oleh berat suatu benda yang berada dalam air (tenggelam). Secara garis besa r, displacement adalah bobot mati dari sebuah kapal (berat konstruksi baja, outfitting dan machinery) ditambah dengan persediaan bahan bakar dan muatan dalam kapal (termasuk crew dan akomodasinya). c. Class Notation Dalam jangkauan klasifikasi, ciri-ciri lambung, mesin dan perlengkapan j