Skip to main content

Istilah NPS - DN dan Outside Diameter Pada Pipa



Sudah lama tidak posting, karena kesibukan dan kemalasan yang mendera. Baik kali ini akan coba kita bahas mengenai kode – kode pipa, saat kita akan mendesign atau membaca gambar pipa system, sering kali kita menjumpai kode NPS atau DN. Apa seeh maksudnya kode – kode ini dan apa kegunaannya akan coba kita bahas di sini.

NPS (Nominal Pipe Size) & DN (Nominal Diameter)

Dari standard ASME B16.5 Paragraf.1.9.2 ukuran NPS, diikuti oleh nomer tanpa dimensi (dimensionless) menunjukkan ukuran nominal flange atau sambungan (fitting) flange. NPS berhubungan dengan istilah nominal diameter (DN), yang digunakan sebagai satuan internasional (SI unit). Hubungannya seperti dibawah ini:

NPS
DN
½
15
¾
20
1
25
1 ¼
32
1 ½
40
2
50
2 ½
65
3
80
4
100
5
125
6
150
8
200
Untuk NPS ≥ 4, adalah kelipatan 25

Catatan:

  • Bahwa DN (Nominal diameter) bukanlah out-side diameter (OD) pipa dan bukan pula konversi satuan imperial terhadap metric, seperti tampak pada contoh diatas pipa dengan NPS 4” atau 100DN adalah berdiameter luar 114.3 MM, juga kalau di konversi 4” x 25.4MM =101.6MM.
  • Pengecualian untuk pipa ≥ NPS-14” (350 DN) maka OD = NPS x 25.4 mm.
  • Diameter luar ditetapkan sama walaupun ketebalan berbeda pada tiap schedule.
  • Diameter nominal adalah diameter yang dipilih untuk pemasangan ataupun perdagangan (commodity ).

Berikut adalah table NPS untuk berbagai ukuran pipa.


NPS
(Inch)
DN
OD
Wall thickness

[in (mm)]
[in (mm)]


SCH 5
SCH 10s/10
SCH 30
SCH 40s/40
SCH 80s/80
SCH 200
SCH 300
XXS


/STD
/XS
6
0.405 (10.29)
0.035 (0.889)
0.049 (1.245)
0.057 (1.448)
0.068 (1.727)
0.095 (2.413)
¼
8
0.540 (13.72)
0.049 (1.245)
0.065 (1.651)
0.073 (1.854)
0.088 (2.235)
0.119 (3.023)
10
0.675 (17.15)
0.049 (1.245)
0.065 (1.651)
0.073 (1.854)
0.091 (2.311)
0.126 (3.200)

½
15
0.840 (21.34)
0.065 (1.651)
0.083 (2.108)
0.095 (2.413)
0.109 (2.769)
0.147 (3.734)
0.188 (4.775)
0.294 (7.468)
¾
20
1.050 (26.67)
0.065 (1.651)
0.083 (2.108)
0.095 (2.413)
0.113 (2.870)
0.154 (3.912)
0.219 (5.563)
0.308 (7.823)
1
25
1.315 (33.40)
0.065 (1.651)
0.109 (2.769)
0.114 (2.896)
0.133 (3.378)
0.179 (4.547)
0.250 (6.350)
0.358 (9.093)
32
1.660 (42.16)
0.065 (1.651)
0.109 (2.769)
0.117 (2.972)
0.140 (3.556)
0.191 (4.851)
0.250 (6.350)
0.382 (9.703)
40
1.900 (48.26)
0.065 (1.651)
0.109 (2.769)
0.125 (3.175)
0.145 (3.683)
0.200 (5.080)
0.281 (7.137)
0.400 (10.160)
2
50
2.375 (60.33)
0.065 (1.651)
0.109 (2.769)
0.125 (3.175)
0.154 (3.912)
0.218 (5.537)
0.250 (6.350)
0.343 (8.712)
0.436 (11.074)
65
2.875 (73.03)
0.083 (2.108)
0.120 (3.048)
0.188 (4.775)
0.203 (5.156)
0.276 (7.010)
0.300 (7.620)
0.375 (9.525)
0.552 (14.021)
3
80
3.500 (88.90)
0.083 (2.108)
0.120 (3.048)
0.188 (4.775)
0.216 (5.486)
0.300 (7.620)
0.350 (8.890)
0.438 (11.125)
0.600 (15.240)
90
4.000 (101.60)
0.083 (2.108)
0.120 (3.048)
0.188 (4.775)
0.226 (5.740)
0.318 (8.077)
0.636 (16.154)
  
 NPS 4 to NPS 9































NPS
DN
OD
Wall thickness

[in (mm)]
[in (mm)]


SCH 5
SCH 10s/10
SCH 20
SCH 30
SCH 40s/40
SCH 60
SCH 80s/80
SCH 100
SCH 120
SCH 140
SCH 160
XXS


/STD
/XS
4
100
4.500 (114.30)
0.083 (2.108)
0.120 (3.048)
0.188 (4.775)
0.237 (6.020)
0.281 (7.137)
0.337 (8.560)
0.437 (11.100)
0.531 (13.487)
0.674 (17.120)
115
5.000 (127.00)
0.247 (6.274)
0.355 (9.017)
0.710 (18.034)
5
125
5.563 (141.30)
0.109 (2.769)
0.134 (3.404)
0.258 (6.553)
0.375 (9.525)
0.500 (12.700)
0.625 (15.875)
0.750 (19.050)
6
150
6.625 (168.28)
0.109 (2.769)
0.134 (3.404)
0.280 (7.112)
0.432 (10.973)
0.562 (14.275)
0.719 (18.263)
0.864 (21.946)
7
7.625 (193.68)
0.301 (7.645)
0.500 (12.700)
0.875 (22.225)
8
200
8.625 (219.08)
0.109 (2.769)
0.148 (3.759)
0.250 (6.350)
0.277 (7.036)
0.322 (8.179)
0.406 (10.312)
0.500 (12.700)
0.593 (15.062)
0.719 (18.263)
0.812 (20.625)
0.906 (23.012)
0.875 (22.225)
9
9.625 (244.48)
0.342 (8.687)
0.500 (12.700)

 NPS 10 to NPS 24























NPS
DN
OD
Wall thickness

[in (mm)]
[in (mm)]


SCH 5s
SCH 5
SCH 10s
SCH 10
SCH 20
SCH 30
SCH 40s/STD
10
250
10.75 (273.05)
0.134 (3.404)
0.134 (3.404)
0.165 (4.191)
0.165 (4.191)
0.250 (6.350)
0.307 (7.798)
0.365 (9.271)
12
300
12.75 (323.85)
0.156 (3.962)
0.165 (4.191)
0.180 (4.572)
0.180 (4.572)
0.250 (6.350)
0.330 (8.382)
0.375 (9.525)
14
350
14.00 (355.60)
0.156 (3.962)
0.156 (3.962)
0.188 (4.775)
0.250 (6.350)
0.312 (7.925)
0.375 (9.525)
0.375 (9.525)
16
400
16.00 (406.40)
0.165 (4.191)
0.165 (4.191)
0.188 (4.775)
0.250 (6.350)
0.312 (7.925)
0.375 (9.525)
0.375 (9.525)
18
450
18.00 (457.20)
0.165 (4.191)
0.165 (4.191)
0.188 (4.775)
0.250 (6.350)
0.312 (7.925)
0.437 (11.100)
0.375 (9.525)
20
500
20.00 (508.00)
0.188 (4.775)
0.188 (4.775)
0.218 (5.537)
0.250 (6.350)
0.375 (9.525)
0.500 (12.700)
0.375 (9.525)
22
550
22.00 (558.80)
0.188 (4.775)
0.188 (4.775)
0.218 (5.537)
0.250 (6.350)
0.375 (9.525)
0.500 (12.700)
0.375 (9.525)
24
600
24.00 (609.60)
0.218 (5.537)
0.218 (5.537)
0.250 (6.350)
0.250 (6.350)
0.375 (9.525)
0.562 (14.275)
0.375 (9.525)



Wall thickness
[in (mm)]
SCH 40
SCH 60
SCH 80s/XS
SCH 80
SCH 100
SCH 120
SCH 140
SCH 160
10
0.365 (9.271)
0.500 (12.700)
0.500 (12.700)
0.593 (15.062)
0.718 (18.237)
0.843 (21.412)
1.000 (25.400)
1.125 (28.575)
12
0.406 (10.312)
0.562 (14.275)
0.500 (12.700)
0.687 (17.450)
0.843 (21.412)
1.000 (25.400)
1.125 (28.575)
1.312 (33.325)
14
0.437 (11.100)
0.593 (15.062)
0.500 (12.700)
0.750 (19.050)
0.937 (23.800)
1.093 (27.762)
1.250 (31.750)
1.406 (35.712)
16
0.500 (12.700)
0.656 (16.662)
0.500 (12.700)
0.843 (21.412)
1.031 (26.187)
1.218 (30.937)
1.437 (36.500)
1.593 (40.462)
18
0.562 (14.275)
0.750 (19.050)
0.500 (12.700)
0.937 (23.800)
1.156 (29.362)
1.375 (34.925)
1.562 (39.675)
1.781 (45.237)
20
0.593 (15.062)
0.812 (20.625)
0.500 (12.700)
1.031 (26.187)
1.280 (32.512)
1.500 (38.100)
1.750 (44.450)
1.968 (49.987)
22
0.875 (22.225)
0.500 (12.700)
1.125 (28.575)
1.375 (34.925)
1.625 (41.275)
1.875 (47.625)
2.125 (53.975)
24
0.687 (17.450)
0.968 (24.587)
0.500 (12.700)
1.218 (30.937)
1.531 (38.887)
1.812 (46.025)
2.062 (52.375)
2.343 (59.512)




Comments

  1. makasih infonya mas berharga bgt

    ReplyDelete
  2. MAS, MALAH TAMBAH PUSING LOH... -_-!

    ReplyDelete
  3. ok ok, terimakasih telah berkunjung.
    @ mas idrus, apanya yg tambah bingung masbro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas saya baru belajar pipa.. saya aja baru tau kalo DN25 itu pipa satu inchi.. padahal saya admin material pipa... hadeeehhh -_-! .
      kayanya si mas jauhar pintar tentang pipa..
      tabel diatas sedikit membantu saya untuk penginputan data material saya...
      makasih ya ...

      Delete
  4. terimakasih banyak mas.. sangat membantu bagi saya yang baru belajar pipa..

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. teriama kasih..semakin bertambah ilmu...dan sangat membantu

    ReplyDelete
  7. artikelnya sangat membantu mas... terima kasih

    ReplyDelete
  8. Trims ilmunya. Semoga berkah. (https://oakunambahilmu.wordpress.com)

    ReplyDelete
  9. DN 100 itu indide diameter nya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas sudah berkunjung, untuk mencari ID nya DN 100 tinggal mengurangi OD dengan ketebalan pipa nya (tergantung schedulenya berapa)

      Delete
    2. Terimakasih infonya. Sangat bermanfaat.

      Delete
  10. Dn 15 berarti kita pakai plange 1/2"...gitu y mas bro..

    ReplyDelete
  11. Kalau inside diameter gimana om list

    ReplyDelete
  12. josh gan, sangat membantu, ntaps....

    ReplyDelete
  13. Mau tanya mas misal flange dn25 30k itu yg saya tanyakan 30k itu artinya apa ya

    ReplyDelete
  14. 30K menandaan nilai pressure yg mampu ditahan, namun berapa nilai pastinya saya masih belum dapat reff nya, slahkan di bantu jawab bagi yang lebih paham..terimakasih

    ReplyDelete
  15. mas, ditempat saya bekerja ada block valve bertuliskan DN 18. itu kalau di konversikan ke NPS berapa ya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

masukan sebagai dasar berkembangnya blog ini

Popular posts from this blog

Sistem Kontruksi Kapal

Sistem Kontruksi Kapal Sistem kerangka/konstruksi kapal (framing system) dibedakan dalam dua jenis utama; yaitu sistem kerangka melintang (transverse framing system) dan sistem membujur atau memanjang (longitudinal framing system). Dari kedua sistem utama ini maka dikenal pula system kombinasi (combination/mixed framing system). Suatu kapal dapat seluruhnya dibuat dengan sistem melintang, atau hanya bagian-bagian tertentu saja (misalnya kamar mesin dan/atau cerukceruk) yang dibuat dengan sistem melintang sedangkan bagian utamanya dengan sistem membujur atau kombinasi; atau seluruhnya dibuat dengan sistem membujur. Pemilihan jenis sistem untuk suatu kapal sangat ditentukan oleh ukuran kapal (dalam hal ini panjangnya sehubungan dengan kebutuhan akan kekuatan memanjang), jenis/fungsi kapal menjadikan dasar pertimbangan-pertimbangan lainnya.. Untuk mengenali apakah suatu kapal, atau bagian dari badan kapal dibuat dengan sistem melintang atau membujur dapat dilihat pada panelp

Pengertian Dasar DWT, PAYLOAD dan GRT

Load Lines Load Line merupakan istilah formal yang diberikan untuk menandai bagian dari midship kapal pada kedua sisi dari kapal tersebut untuk menunjukkan batas sarat kapal ketika kapal bermuatan. Pembatasan sarat ini didapat dengan pengukuran dari dek kedap cuaca (normalnya dek freeboard) sampai pada tanda garis muat midship. Jarak ini disebut juga dengan “Freeboard” (lambung timbul) pada kapal. a. Design Draft Design Draft merupakan tinggi sarat air pada suatu kapal. Yaitu jarak dari dasar kapal sampai garis air muat (water line). b. Displacement Adalah jumlah volume air yang dipindahkan oleh berat suatu benda yang berada dalam air (tenggelam). Secara garis besa r, displacement adalah bobot mati dari sebuah kapal (berat konstruksi baja, outfitting dan machinery) ditambah dengan persediaan bahan bakar dan muatan dalam kapal (termasuk crew dan akomodasinya). c. Class Notation Dalam jangkauan klasifikasi, ciri-ciri lambung, mesin dan perlengkapan j