Skip to main content

Ukuran Standar Plat Marine

Salam Sobat Seua,
sering kali dalam kit merencanakan seuatu, terutama dalam bidang konstruksi kapal, kita permu merencanakan kebutuhan plat, sedangkan kit sendiri kurang tahu plat yang ad dipasaran tu memiliki standar ukuran berapa saja.
kali ini akan coba saya infokan beberpa ukuran plat yang ada dipasaran, sehingga kita bisa merencanakan kebutuhan plat kita lebih spesifik.

Besi / Baja - Plat - Plat Kapal : BKI Standards, ASTM A131 EH36/AH36


 Size Weight
t        x      w  x  l
4,5   mm  x 5' x 20' 328   Kg
6      mm  x 5' x 20' 438   Kg
8      mm  x 5' x 20' 583   Kg
9      mm  x 5' x 20' 656   Kg
10    mm  x 5' x 20' 729   Kg
12    mm  x 5' x 20' 875   Kg
14    mm  x 5' x 20' 1021 Kg
15    mm  x 5' x 20' 1094 Kg
16    mm  x 5' x 20' 1167 Kg
18    mm  x 5' x 20' 1313 Kg
19    mm  x 5' x 20' 1386 Kg
21    mm  x 5' x 20' 1531 Kg
22    mm  x 5' x 20' 1604 Kg
25    mm  x 5' x 20' 1823 Kg



Size Weight
t          x   w  x  l
3/16"    x  5' x 20' 347   Kg
1/4"      x  5' x 20' 463   Kg
5/16"    x  5' x 20' 579   Kg
3/8"      x  5' x 20' 695   Kg
7/16"    x  5' x 20' 810   Kg
1/2"      x  5' x 20' 926   Kg
9/16"    x  5' x 20' 1042 Kg
5/8"      x  5' x 20' 1158 Kg
11/16"  x  5' x 20' 1274 Kg
3/4"      x  5' x 20' 1389 Kg
13/16"  x  5' x 20' 1505 Kg
7/8"      x  5' x 20' 1620 Kg
15/16"  x  5' x 20' 1736 Kg
1"        x  5' x 20' 1852 Kg



Size Weight
t        x      w  x  l
4,5   mm  x 6' x 20' 394   Kg
6      mm  x 6' x 20' 525   Kg
8      mm  x 6' x 20' 700   Kg
9      mm  x 6' x 20' 788   Kg
10    mm  x 6' x 20' 875   Kg
12    mm  x 6' x 20' 1050 Kg
14    mm  x 6' x 20' 1225 Kg
15    mm  x 6' x 20' 1313 Kg
16    mm  x 6' x 20' 1400 Kg
18    mm  x 6' x 20' 1575 Kg
19    mm  x 6' x 20' 1664 Kg
21    mm  x 6' x 20' 1838 Kg
25    mm  x 6' x 20' 2188 Kg



Size Weight
t          x   w  x  l
3/16"    x  6' x 20' 417   Kg
1/4"      x  6' x 20' 556   Kg
5/16"    x  6' x 20' 695   Kg
3/8"      x  6' x 20' 834   Kg
7/16"    x  6' x 20' 972   Kg
1/2"      x  6' x 20' 1112 Kg
9/16"    x  6' x 20' 1251 Kg
5/8"      x  6' x 20' 1390 Kg
11/16"  x  6' x 20' 1529 Kg
3/4"      x  6' x 20' 1667 Kg
13/16"  x  6' x 20' 1806 Kg
7/8"      x  6' x 20' 1945 Kg
15/16"  x  6' x 20' 2084 Kg
1"        x  6' x 20' 2223 Kg

Plat kapal diaplikasikan untuk seluruh bangunan kapal dengan komposisi standart konstruksi kapal yang dikeluarkan oleh biro klasifikasi kapal ( Standards: ABS, BKI, DNV, RINA, GL, LR, BV, , NK, KR, CCS and etc) dengan klas baja : A, B, C, D dan E. ( Grade: A, B, D, E, AH32-AH40, DH32-DH40 , A32 , A36 , D32, D36 and etc) dengan tebal: 8 mm s/ d 100 mm, lebar : 1500 mm s/ d 2700 mm, panjang : 6 m s/ d 13 m.
  • Sifat mekanis yang karus dimiliki untuk plat kapal biasa adalah : batas lumer 24 kg/ mm2, kekuatan tarik 41 kg/ mm2 s/ d 50 kg/ mm2, dan regangan patah minimal 22% . plat kapal tegangan tinggi ( untuk lambung kapal)

  • memiliki sifat mekanis : tegangan lumer minimal 32 kg/ mm2 dan kekuatan tarik 48 kg/ mm2 s/ d 60 kg/ mm2 untuk tegangan lumer minimum 36 kg/ mm2, kekuatan tariknya 50 kg/ mm2 s/ d 63 kg/ mm2, selain itu juga digunakan baja tempa yang memiliki kekuatan tarik minimal 41 kg/ mm2.
  • Pemakaian plat baja untuk bangunan kapal memiliki resiko kerusakan tinggi terutama terjadi korosi pada plat kapal baja yang merupakan proses electrokimia, akibat lingkungan air laut yang memiliki resistifitas sangat rendah ( + 25 ohm-cm dibanding kan air tawar + 4.000 ohm- cm) dan sesuai dengan posisi pelat pada lambung kapal, contoh pelat lengkung bagian buritan kapal.



Comments

  1. Ya, sangat membantu untuk mengetahui standard Plat kapal dengan berbagai ukuran

    ReplyDelete

Post a Comment

masukan sebagai dasar berkembangnya blog ini

Popular posts from this blog

Sistem Kontruksi Kapal

Sistem Kontruksi Kapal Sistem kerangka/konstruksi kapal (framing system) dibedakan dalam dua jenis utama; yaitu sistem kerangka melintang (transverse framing system) dan sistem membujur atau memanjang (longitudinal framing system). Dari kedua sistem utama ini maka dikenal pula system kombinasi (combination/mixed framing system). Suatu kapal dapat seluruhnya dibuat dengan sistem melintang, atau hanya bagian-bagian tertentu saja (misalnya kamar mesin dan/atau cerukceruk) yang dibuat dengan sistem melintang sedangkan bagian utamanya dengan sistem membujur atau kombinasi; atau seluruhnya dibuat dengan sistem membujur. Pemilihan jenis sistem untuk suatu kapal sangat ditentukan oleh ukuran kapal (dalam hal ini panjangnya sehubungan dengan kebutuhan akan kekuatan memanjang), jenis/fungsi kapal menjadikan dasar pertimbangan-pertimbangan lainnya.. Untuk mengenali apakah suatu kapal, atau bagian dari badan kapal dibuat dengan sistem melintang atau membujur dapat dilihat pada panelp...

Istilah NPS - DN dan Outside Diameter Pada Pipa

Sudah lama tidak posting, karena kesibukan dan kemalasan yang mendera. Baik kali ini akan coba kita bahas mengenai kode – kode pipa, saat kita akan mendesign atau membaca gambar pipa system, sering kali kita menjumpai kode NPS atau DN. Apa seeh maksudnya kode – kode ini dan apa kegunaannya akan coba kita bahas di sini. NPS (Nominal Pipe Size) & DN (Nominal Diameter) Dari standard ASME B16.5 Paragraf.1.9.2 ukuran NPS, diikuti oleh nomer tanpa dimensi (dimensionless) menunjukkan ukuran nominal flange atau sambungan (fitting) flange. NPS berhubungan dengan istilah nominal diameter (DN), yang digunakan sebagai satuan internasional (SI unit). Hubungannya seperti dibawah ini: NPS DN ½ 15 ¾ 20 1 25 1 ¼ 32 1 ½ 40 2 50 2 ½ 65 3 80 4 100 5 125 6 150 8 200 Untuk NPS ≥ 4, adalah kelipatan 25 Catatan...

Pengertian Dasar DWT, PAYLOAD dan GRT

Load Lines Load Line merupakan istilah formal yang diberikan untuk menandai bagian dari midship kapal pada kedua sisi dari kapal tersebut untuk menunjukkan batas sarat kapal ketika kapal bermuatan. Pembatasan sarat ini didapat dengan pengukuran dari dek kedap cuaca (normalnya dek freeboard) sampai pada tanda garis muat midship. Jarak ini disebut juga dengan “Freeboard” (lambung timbul) pada kapal. a. Design Draft Design Draft merupakan tinggi sarat air pada suatu kapal. Yaitu jarak dari dasar kapal sampai garis air muat (water line). b. Displacement Adalah jumlah volume air yang dipindahkan oleh berat suatu benda yang berada dalam air (tenggelam). Secara garis besa r, displacement adalah bobot mati dari sebuah kapal (berat konstruksi baja, outfitting dan machinery) ditambah dengan persediaan bahan bakar dan muatan dalam kapal (termasuk crew dan akomodasinya). c. Class Notation Dalam jangkauan klasifikasi, ciri-ciri lambung, mesin dan perlengkapan j...