Suatu operator kapal selama beroperasi pasti menginginkan kapalnya dapat melaju dengan cepat, pasti akan sangan mengecewakan apabila kapal yang di miliki tidak mampu untuk melaju sesuai dengan kecepatan yang di rencanakan atau mengalami penurunan kecepatan dari waktu ke waktu.
Salah satu factor penyebab menurunnya kecepatan kapal adalah terjadinya penurunan performa mesin induk kapal tersebut karena mungkin karena kurangnya perawatan oleh para ABK Mesin atau memang karena usia mesin yang sudah berumur dan perlu dilakukan semacam peremajaan komponen yang biasa disebut dengan proses General Overhoul ( GO ).
General Overhoul atau servis besar yaitu pembongkaran dan perakitan kembali serta penggantian komponen – komponen mesin secara umum atau hampir semua komponen diganti baru, diharapkan dengan dillakukannya servis besar ini maka performa dari mesin dapat kembali seperti baru dan hasil akhirnya kecepatan kapal kembali seperti perencanaan awal.
Namun pada prakteknya, performa suatu mesin setelah di GO tidak dapat kembali 100% seperti baru karena usia dari mesin itu sendiri yang sudah tua.
Time between overhaul ( TBO ) atau rentan waktu yang dibutuhkan oleh mesin untuk melakukan GO tergantung dari pabrikan mesin itu sendiri, umumnya mesin yang bagus memliki TBO 10.000 jam, dari sisi ekonomi, semakin panjang TBO maka jam operasi kapal akan lebih lama yang ber efek menambah pemasukan ke perusahaan, dan biaya yang dilkeluarkan untuk melakukan GO juga akan lebih sedikit dibandingkan dengan mesin yang memiliki TBO pendek.
Jika suatu kapal yang mesin induknya di Overhoul, maka setelah overhaul selesai, kapal tersebut juga perlu melaksanakan sea trial layaknya kapal baru, untuk membuktikan dan memastikan performa mesin setelah di overhaul. Jika performa mesin tidak meningkat, apalagi semakin menurun dari keadaan terahir sebelum di overhaul, pasti ada suatu kesalahan selama proses overhaul misalnya yang paling kerap terjadi adalah temperature gas buang yang sangat tinggi melebihi standart yang sudah di tetapkan pabrikan mesin. Hal ini mungkin karena timing injectionnya kurang pas, seting valve in & outlet nya tidak pas atau juga setingan pompa injection pump-nya yang kebanyakan.
Selama beropersai, apabila suatu mesin kapal tersebut sering di jalankan pada putaran maksimal (90 % ~ 100%) cukup lama, maka nilai dari TBO juga akan semakin pendek karena mesin di paksa bekerja maksimal dalam jangka waktu yang cukup lama, begitu juga sebaliknya. Putaran ekonomis suatu mesin terdapat pada 85% putaran maks.
Jadi, sering – seringlah merawat mesin anda, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika ada salah kata, mohon di maafkan, jika ada yang kurang mohon di benarkan He he he..
Salah satu factor penyebab menurunnya kecepatan kapal adalah terjadinya penurunan performa mesin induk kapal tersebut karena mungkin karena kurangnya perawatan oleh para ABK Mesin atau memang karena usia mesin yang sudah berumur dan perlu dilakukan semacam peremajaan komponen yang biasa disebut dengan proses General Overhoul ( GO ).
General Overhoul atau servis besar yaitu pembongkaran dan perakitan kembali serta penggantian komponen – komponen mesin secara umum atau hampir semua komponen diganti baru, diharapkan dengan dillakukannya servis besar ini maka performa dari mesin dapat kembali seperti baru dan hasil akhirnya kecepatan kapal kembali seperti perencanaan awal.
Namun pada prakteknya, performa suatu mesin setelah di GO tidak dapat kembali 100% seperti baru karena usia dari mesin itu sendiri yang sudah tua.
Time between overhaul ( TBO ) atau rentan waktu yang dibutuhkan oleh mesin untuk melakukan GO tergantung dari pabrikan mesin itu sendiri, umumnya mesin yang bagus memliki TBO 10.000 jam, dari sisi ekonomi, semakin panjang TBO maka jam operasi kapal akan lebih lama yang ber efek menambah pemasukan ke perusahaan, dan biaya yang dilkeluarkan untuk melakukan GO juga akan lebih sedikit dibandingkan dengan mesin yang memiliki TBO pendek.
Jika suatu kapal yang mesin induknya di Overhoul, maka setelah overhaul selesai, kapal tersebut juga perlu melaksanakan sea trial layaknya kapal baru, untuk membuktikan dan memastikan performa mesin setelah di overhaul. Jika performa mesin tidak meningkat, apalagi semakin menurun dari keadaan terahir sebelum di overhaul, pasti ada suatu kesalahan selama proses overhaul misalnya yang paling kerap terjadi adalah temperature gas buang yang sangat tinggi melebihi standart yang sudah di tetapkan pabrikan mesin. Hal ini mungkin karena timing injectionnya kurang pas, seting valve in & outlet nya tidak pas atau juga setingan pompa injection pump-nya yang kebanyakan.
Selama beropersai, apabila suatu mesin kapal tersebut sering di jalankan pada putaran maksimal (90 % ~ 100%) cukup lama, maka nilai dari TBO juga akan semakin pendek karena mesin di paksa bekerja maksimal dalam jangka waktu yang cukup lama, begitu juga sebaliknya. Putaran ekonomis suatu mesin terdapat pada 85% putaran maks.
Jadi, sering – seringlah merawat mesin anda, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika ada salah kata, mohon di maafkan, jika ada yang kurang mohon di benarkan He he he..
ok bosssssssssssssssssssssssssssssssssssssss
ReplyDelete