Skip to main content

perlengkapan navigasi kapal

Dalam kita berlayar, arah dan posisi kita harus jelas agar kita tidak sampai tersesat di tengah lautan. Kadang saat kita berada di alur pelayaran yang belum pernah kita lewati, kita selalu was was dengan kedalaman alur tersebut, atau kita tidak tau kalau didepan kita ada kapal lain yang sedang menuju ke arah kita, dan beberapa kemungkinan lain yang mengancam keselamatan kita saat berlayar. Maka dari itu keita perlu melengkapi kapal kita dengan beberapa peralatan navigasi. Berikut beberapa alat Navigasi yang biasanya ada dikapal.

1. Echo sounder
2. Radar marine
3. Racal decca arpa
4. Epirb
5. Sart receiver
6. AIS
7. Shiploc
8. Radar arpha
9. Standar compass
10. Repeater compass
11. GPS
12. VHF marine telephon
13. Telegraph
14. Satelit telephon
15. Navtex
16. Decca
17. RDF
18. Barometer Aneroid
19. Digital Anemometer
20. Chronometer
21. Sextant
22. Auto pilot
23. Gyro master
24. Gyro Interface
25. AD Converter
26. Aldisk Lamp
27. Clear view screen
28. Binocular
29. Asimuth Circle
30. Penjera celah
31. Black Ball
32. Fog horn
33. Topdal

Dengan adanya alat – alat navigasi tersebut maka kita bisa merasa aman saat kita berlayar.
Kalau ada yang mau nambahin silahkan…

Comments

Popular posts from this blog

Istilah NPS - DN dan Outside Diameter Pada Pipa

Sudah lama tidak posting, karena kesibukan dan kemalasan yang mendera. Baik kali ini akan coba kita bahas mengenai kode – kode pipa, saat kita akan mendesign atau membaca gambar pipa system, sering kali kita menjumpai kode NPS atau DN. Apa seeh maksudnya kode – kode ini dan apa kegunaannya akan coba kita bahas di sini. NPS (Nominal Pipe Size) & DN (Nominal Diameter) Dari standard ASME B16.5 Paragraf.1.9.2 ukuran NPS, diikuti oleh nomer tanpa dimensi (dimensionless) menunjukkan ukuran nominal flange atau sambungan (fitting) flange. NPS berhubungan dengan istilah nominal diameter (DN), yang digunakan sebagai satuan internasional (SI unit). Hubungannya seperti dibawah ini: NPS DN ½ 15 ¾ 20 1 25 1 ¼ 32 1 ½ 40 2 50 2 ½ 65 3 80 4 100 5 125 6 150 8 200 Untuk NPS ≥ 4, adalah kelipatan 25 Catatan

Sistem Kontruksi Kapal

Sistem Kontruksi Kapal Sistem kerangka/konstruksi kapal (framing system) dibedakan dalam dua jenis utama; yaitu sistem kerangka melintang (transverse framing system) dan sistem membujur atau memanjang (longitudinal framing system). Dari kedua sistem utama ini maka dikenal pula system kombinasi (combination/mixed framing system). Suatu kapal dapat seluruhnya dibuat dengan sistem melintang, atau hanya bagian-bagian tertentu saja (misalnya kamar mesin dan/atau cerukceruk) yang dibuat dengan sistem melintang sedangkan bagian utamanya dengan sistem membujur atau kombinasi; atau seluruhnya dibuat dengan sistem membujur. Pemilihan jenis sistem untuk suatu kapal sangat ditentukan oleh ukuran kapal (dalam hal ini panjangnya sehubungan dengan kebutuhan akan kekuatan memanjang), jenis/fungsi kapal menjadikan dasar pertimbangan-pertimbangan lainnya.. Untuk mengenali apakah suatu kapal, atau bagian dari badan kapal dibuat dengan sistem melintang atau membujur dapat dilihat pada panelp

Pengertian Dasar DWT, PAYLOAD dan GRT

Load Lines Load Line merupakan istilah formal yang diberikan untuk menandai bagian dari midship kapal pada kedua sisi dari kapal tersebut untuk menunjukkan batas sarat kapal ketika kapal bermuatan. Pembatasan sarat ini didapat dengan pengukuran dari dek kedap cuaca (normalnya dek freeboard) sampai pada tanda garis muat midship. Jarak ini disebut juga dengan “Freeboard” (lambung timbul) pada kapal. a. Design Draft Design Draft merupakan tinggi sarat air pada suatu kapal. Yaitu jarak dari dasar kapal sampai garis air muat (water line). b. Displacement Adalah jumlah volume air yang dipindahkan oleh berat suatu benda yang berada dalam air (tenggelam). Secara garis besa r, displacement adalah bobot mati dari sebuah kapal (berat konstruksi baja, outfitting dan machinery) ditambah dengan persediaan bahan bakar dan muatan dalam kapal (termasuk crew dan akomodasinya). c. Class Notation Dalam jangkauan klasifikasi, ciri-ciri lambung, mesin dan perlengkapan j