Skip to main content

Posts

Perlengkapan Mengatasi Kebocoran kapal

Apa kabar sobat Blogger semua...sudah lama tidak melakukan update blog karena keterbatasan kemampuan manusia. Semua pasti sudah pernah naik kapal kan?? seru bukan? selain perjalanannya yang nyaman, tentunya pemandangan dan hawa lautan sangat segar, bagi yang belum pernah naik kapal, cobalah naik kapal meskipun cuma sebentar, ikut perjalanan / penyebrangan yang singkat seperti penyebrangan di Ujung - Kamal yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura, saya sendiri cukup sering ikut penyebrangan Ujung - Kamal, seru pokoknya hehehe.. Dari segi keamanan dan keselamatan, setiap kapal penumpang pasti sudah menerapkan yang namanya ISM Code dimana kapal harus memenuhi semua aspek keselamatan yang sudah di tetapkan secara Internasional. Misalkan kapal tidak memenuhi salah satu persaratan keselamatan ( life raft sudah lewat dari masa berlakunya), maka pihak yang berwenang akan melarang kapal tersebut untuk berlayar. Termasuk peralatan untuk mengatasi kebocoran kapal, jika bebrapa perlengkapa

Sejarah Arsitektur

Arsitektur lahir dari dinamika antara kebutuhan (kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan, dsb), dan cara ( bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi ). Arsitektur prasejarah dan primitif merupakan tahap awal dinamika ini. Kemudian manusia menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktik-praktik, arsitektur berkembang menjadi ketrampilan . Pada tahap ini lah terdapat proses uji coba, improvisasi, atau peniruan sehingga menjadi hasil yang sukses. Seorang arsitek saat itu bukanlah seorang figur penting, ia semata-mata melanjutkan tradisi. Arsitektur Vernakular lahir dari pendekatan yang demikian dan hingga kini masih dilakukan di banyak bagian dunia. Permukiman manusia di masa lalu pada dasarnya bersifat rural . Kemudian timbullah surplus produksi, sehingga masyarakat rural berkembang menjadi masyarakat urban . Kompleksitas bangunan dan tipologinya pun meningkat. Teknologi pembangunan fasilitas umum seperti jalan dan

Kerusakan Pada Cylinder Liner

Apa kabar sobat Blogger semua...sudah pernah dengar cylinder liner? kali ini akan dibahas mengenai cylinder liner dan beberapa kerusakan yang mungkin terjadi. CYLINDER LINER Cylinder liner merupakan tempat untuk bergeraknya piston dari titik mati atas ke arah titik mati bawah. Cylinder liner adalah tempat berlangsungnya proses kerja mesin langkah isap, kompresi, usaha dan buang. Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada cylinder liner, adalah: a)       Aus b)       Tergores Untuk kerusakan yang berupa aus dan tergores maka bagian yang harus diperhatikan adalah diameter dalam dari cylinder liner. c)       Retak Sebelum dilakukan reparasi maka kita harus melepas berbagai bagian dari mesin, dibersihkan, diperiksa dan dilakukan pengukuran apakah kondisi dari bagian-bagian mesin tersebut masih sesuai dengan buku manual mesin atau persyaratan yang diijinkan dari biro klasifikasi. Reparasi ke Ausan pada cylinder liner Cylinder liner harus bersih dari lemak, deposit

LOADING AND UNLOADING SYSTEM

Apa kabar sobat Blogger semua..pasti semua sudah pernah lihat proses loading unloading di kapal, baik kapal kontainer, cargo maupun tanker, sekarang kita coba bahas mengenai proses bongkar muat di kapal kontainer. Proses Loading atau biasa disebut dengan muat bisa dilakukan dengan menggunakan crane kapal maupun Port crane. Urutan proses loading adalah seperti dibawah ini : 1)    Barang-barang dalam kemasan diangkut oleh truck, menuju ke dermaga 2)   Port crane menurunkan tali yang ujung-ujungnya ada pengait untuk di kaitkan dengan kontainer, dan kemudian diangkut menuju ruang muat 3)    Setelah diturunkan di ruang muat, kontainer tersebut diatur penempatannya 4) Tali-tali yang tadinya digunakan untuk mengangkut kontainer dilepaskan, kemudian ditarik keluar ruang muat. Crane Pelabuhan   Proses Unloading Proses Unloading atau biasa disebut dengan bongkar, dilakukan dengan menggunakan Port crane. Urutan proses unloading adalah seperti dibawah ini : 1)   Port cr

Lubricating Oil / Minyak Pelumas

Apa kabar sobat Blogger semua...sekarang coba kita bahas mengenai Minyak Pelumas / Oli.   1.       Minyak Pelumas   Minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal dengan nama oli atau oli mesin memang banyak ragam dan macamnya. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai ( life time ) mesin. 2.       Fungsi Minyak Pelumas  Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. Mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan

Perpindahan Panas / Heat Exchanger

Apa kabar sobat Blogger semua...kali ini akan saya coba bahas mengenai perpindahan panas atau heat exchanger.                  Dalam dunia perkapalan, prinsip perpindahan panas diperlukan untuk memanaskan bahan bakar (heater) atau mendinginkan bagian  bagian dari mesin (cooler) dan banyak lagi. Penerapan prinsip perpindahan kalor untuk merancang alat-alat guna mencapai sesuatu tujuan teknik sangatlah penting, karena dalam menerapkan prinsip ke dalam rancangan orang bekerja ke arah pencapaian tujuan untuk mengembangkan hasil yang memberikan manfaat ekonomi. Penerapan prinsip-prinsip perpindahan panas terjadi karena adanya perbedaan suhu diantara benda atau material. Perpindahan panas tidak hanya menjelaskan mengenai bagaimana energi kalor berpindah dari satu benda ke benda lainnya tetapi juga mengenai laju perpindahan yang terjadi pada kondisi – kondisi tertentu.                 Konduksi merupakan penghantaran panas melalui suatu benda dengan

Sistem Pendingin / Cooling System

Pada mesin induk kapal, sytem pendinginan digunakan untuk mendinginkan minyak pelumas, jacket water, dan pendingin udara bilas. Secara garis besar, yang dimaksud dengan system pendingin adalah sistem dimana terdapat 2 buah temperatur berbeda yang saling bersinggungan di dalam suatu mekanisme heat exchanger. dalam sistem pendingin, hal yang perlu diperhatikan adalah siapa yang di dinginkan dan siapa yang mendinginkan, itu saja. misalkan pada jacket water cooler, dapat di artikan fluida air tawar mendinginkan cylinder liner atau cylinder liner di dinginkan oleh air tawar. Dan pada umunnya ada dua macam sistem pendinginan yang digunakan, yaitu : Ø   Sistem Pendingin air laut (Sea Water Cooling System)       Merupakan sistem pendingin terpisah dalam pengertian masing–masing bagian yang didinginkan disediakan cooler tersendiri, fluida pendinginnya menggunakan air laut. Kerugian pada sistem ini memerlukan material komponen yang tahan korosi, biaya m