Skip to main content

BAGAIMANA SISTEM PELUMASAN MESIN DIESEL BEKERJA

LUBRICATING SYSTEM ON DIESEL ENGINE
BAGAIMANA SISTEM PELUMASAN MESIN DIESEL BEKERJA

Reff theautoparts.com

Selamat siang sobat bloger, sedikit melanjutkan artikel yang dulu sempat dibahas tentang minyak pelumas, bisa dilihat di link berikut.
Sekarang kita bahas mengenai alur pelumasan pada mesin diesel dengan menambahkan ilustrasi video yang saya dapatkan dari situs theautoparts.com, saya ucapkan banyak terimakasih sudah bikin animasi yang seperti ini, sangat membantu sekali untuk pembelajaran awal. 

Berikut langkah – langkah nya mulai oli dihisap dari carter sampai kembali lagi ke dalam carter.


  1. Pompa oli digerakkan oleh pulli/flywheel diesel engine melalui belt
  2. Strainer oli menampung dan memfilter oli.
  3. Pompa oli menghisap oli melalui srainer.
  4. Pompa oli menghisap oli dari carter dan mesupply filter kedua setelah pompa oli dengan tekanan tinggi.
  5. Pengatur tekanan dipasang untuk memastikan tekanan oli  selalu terjaga.
  6. Filter oli kedua tadi memfilter kotoran / gram yang terdapat pada oli dan mensupply oli yang bersih kedalam sistem.
  7. Oli bersih bertekanan mengalir melalui sistem dan gallery untuk melumasi bagian engine yang bergerak (crankshaft, cylinder liner, piston, conrod dll).
  8. Oli yang berasal dari galleri dialirkan melalui lubang lubang pada crankshft dan main bearing.
  9. Oli dari galeri terhubung dengan spray nozzle dan di tekan /disemprotkan ke atas utuk melumasi piston dan part lainnya dari dalam.
  10. Oli  mengalir melalui ring piston / oil ring untuk melumasi cyinder liner dengan piston dengan bentuk film yang tipis disekeliling dinding cylinder liner bagian dalam.
  11. Oli juga di semprotkan melalui spary nozzle untuk melumasi camshaft, valve dan valve spring.
  12. Setelah melumasi bagian bagian engine, oli akan kembali turun ke carter.
  13. Indikator tekanan menampilkan besaran tekanan oli pada sistem.
  14. Dan terahir, oli kembali ditampung didalam carter.
 
 
 
Baik, dari video tersebut kita bisa mengetahui bagaimana oli itu mengalir, dan oleh siapa si oli mengalir sertaa bagian apa saja yang dilumasi, sehingga kita bisa tahu urutannya.
Dan dari situ kita juga bisa memahami betapa pentingnya sebuah oli filter untuk menambah masa / usia minyak pelumas dan juga untuk memastikan kalau oli yang akan dialirkan nantinya sudah bersih dari kotoran. Jadi jangan sampai kita lupa/tidak mengganti oli filter ya, karena perannya sangat penting untuk menjaga oli tetap bersih. Perhatikan masa pakai oli dan filter sesuai dengan spek pada barand oli dan juga brand filter.
Salam oli.

Comments

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment,STP oli industri defoamer anti busa ,anti kerak dll.untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas info yang diberikan, semoga bisa bermanfaat bagi para pembacanya. Jangan lupa kunjungi website http://ppns.ac.id & https://blog.ppns.ac.id/tl/adzinhanif/ Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    ReplyDelete
  4. Ketika anda malu bertanya tentang pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk bertanya , malu bertanya sesat dijalan oke kawan-kawan semua :)

    ReplyDelete

Post a Comment

masukan sebagai dasar berkembangnya blog ini

Popular posts from this blog

Istilah NPS - DN dan Outside Diameter Pada Pipa

Sudah lama tidak posting, karena kesibukan dan kemalasan yang mendera. Baik kali ini akan coba kita bahas mengenai kode – kode pipa, saat kita akan mendesign atau membaca gambar pipa system, sering kali kita menjumpai kode NPS atau DN. Apa seeh maksudnya kode – kode ini dan apa kegunaannya akan coba kita bahas di sini. NPS (Nominal Pipe Size) & DN (Nominal Diameter) Dari standard ASME B16.5 Paragraf.1.9.2 ukuran NPS, diikuti oleh nomer tanpa dimensi (dimensionless) menunjukkan ukuran nominal flange atau sambungan (fitting) flange. NPS berhubungan dengan istilah nominal diameter (DN), yang digunakan sebagai satuan internasional (SI unit). Hubungannya seperti dibawah ini: NPS DN ½ 15 ¾ 20 1 25 1 ¼ 32 1 ½ 40 2 50 2 ½ 65 3 80 4 100 5 125 6 150 8 200 Untuk NPS ≥ 4, adalah kelipatan 25 Catatan

Sistem Kontruksi Kapal

Sistem Kontruksi Kapal Sistem kerangka/konstruksi kapal (framing system) dibedakan dalam dua jenis utama; yaitu sistem kerangka melintang (transverse framing system) dan sistem membujur atau memanjang (longitudinal framing system). Dari kedua sistem utama ini maka dikenal pula system kombinasi (combination/mixed framing system). Suatu kapal dapat seluruhnya dibuat dengan sistem melintang, atau hanya bagian-bagian tertentu saja (misalnya kamar mesin dan/atau cerukceruk) yang dibuat dengan sistem melintang sedangkan bagian utamanya dengan sistem membujur atau kombinasi; atau seluruhnya dibuat dengan sistem membujur. Pemilihan jenis sistem untuk suatu kapal sangat ditentukan oleh ukuran kapal (dalam hal ini panjangnya sehubungan dengan kebutuhan akan kekuatan memanjang), jenis/fungsi kapal menjadikan dasar pertimbangan-pertimbangan lainnya.. Untuk mengenali apakah suatu kapal, atau bagian dari badan kapal dibuat dengan sistem melintang atau membujur dapat dilihat pada panelp

Pengertian Dasar DWT, PAYLOAD dan GRT

Load Lines Load Line merupakan istilah formal yang diberikan untuk menandai bagian dari midship kapal pada kedua sisi dari kapal tersebut untuk menunjukkan batas sarat kapal ketika kapal bermuatan. Pembatasan sarat ini didapat dengan pengukuran dari dek kedap cuaca (normalnya dek freeboard) sampai pada tanda garis muat midship. Jarak ini disebut juga dengan “Freeboard” (lambung timbul) pada kapal. a. Design Draft Design Draft merupakan tinggi sarat air pada suatu kapal. Yaitu jarak dari dasar kapal sampai garis air muat (water line). b. Displacement Adalah jumlah volume air yang dipindahkan oleh berat suatu benda yang berada dalam air (tenggelam). Secara garis besa r, displacement adalah bobot mati dari sebuah kapal (berat konstruksi baja, outfitting dan machinery) ditambah dengan persediaan bahan bakar dan muatan dalam kapal (termasuk crew dan akomodasinya). c. Class Notation Dalam jangkauan klasifikasi, ciri-ciri lambung, mesin dan perlengkapan j