Skip to main content

Apa itu Drafter ??






Overview

 Di masa lalu, perancang duduk di papan gambar dan digunakan pensil, pena, kompas, protraktor, segitiga, dan perangkat lainnya untuk menyiapkan rancangan gambar dengan tangan. Sekarang, sebagian besar perancang banyak menggunakan Computer Aided Design And Drafting (CADD) sistem untuk mempersiapkan gambar. Akibatnya, beberapa perancang dapat disebut sebagai operator CADD.


Dengan sistem CADD, perancang dapat membuat dan menyimpan gambar secara elektronik sehingga gambar mereka dapat dilihat, dicetak, atau diprogram langsung ke dalam sistem manufaktur otomatis. Sistem CADD juga memungkinkan perancang untuk segera mempersiapkan variasi desain. Drafter masih perlu pengetahuan tentang teknik penyusunan secara tradisional, di samping keterampilan CADD.


Gambar dari para drafter memberikan panduan visual dan menunjukkan bagaimana untuk membangun suatu produk atau struktur. Gambar termasuk rincian teknis dan menentukan dimensi, bahan, dan prosedur. Drafter  menggunakan gambar untuk memberikan rincian data secara teknis, sketsa kasar, spesifikasi, dan perhitungan dibuat oleh para insinyur, surveyor, arsitek, atau ilmuwan. Misalnya, penyusun menggunakan pengetahuan mereka tentang standar teknik bangunan untuk mengetahui rincian struktur.
Beberapa menggunakan pemahaman mereka tentang teori teknik dan manufaktur dan standar untuk mengetahui bagian-bagian mesin, mereka menentukan elemen desain, seperti jumlah dan jenis pengencang diperlukan untuk merakit mesin. Perancang menggunakan buku panduan teknis, tabel, kalkulator, dan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.


Jenis – Jenis Drafter
  1. Aeronautical drafters, drafter seperti ini biasanya bertugas untuk membuat gambar teknik untuk pekerjaan-pekerjaan yang ada hubungannya dengan pesawat terbang, peluru kendali, roket dan semua yang masih berhubungan dengan angkasa.
  2. Architectural drafters, jika drafter macam ini pekerjaannya adalah menyiapkan gambar teknik untuk pekerjaan arsitektur dan sipil untuk proyek pembauatan bangunan atau gedung.
  3. Civil drafters, pada umumnya bekerja untuk membuat gambar topografi, peta kontur dan gambar-gambar untuk pekerjaan sipil yang lain seperti ; jalan, jembatan, pemipaan, bendungan dan lain-lain.
  4. Electrical drafters, drafter yang satu ini selalu berhubungan dengan pembuatan gambar-gambar pengkabelan,diagram layout yang akan di gunakan oleh para pekerja untuk menarik dan memasang instalasi kabel listrik pada pusat komunikasi, pembangkit listrik dan gedung-gedung
  5. Electronics drafters, gambar-gambar seperti diagram pengkabelan, skema dan layout untuk pekerjaan instalasi listrik adalah pekerjaan drafter dalam bidang ini.
  6. Mechanical drafters, menyiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan detail perakitan dari berbagai macam jenis perlatan permesinan.
  7. Process piping or pipeline drafters, menyiapkan gambar-gambar yang akan gunakan pada pekerjaan konstruksi lapangan minyak dan gas, kilang minyak dan pabrik kimia.
  8. Photovoltaic Drafters , mempersiapkan gambar yang menunjukkan lokasi gambar inverter Pad dan gambar konstruksi plat, juga menyiapkan rincian spesifik PV perakitan sistem dan beberapa diagram pengkabelan.

Lingkungan Kerja


Drafter biasanya bekerja di kantor yang nyaman dan tentram. Mereka mungkin duduk di papan gambar atau meja gambar ketika melakukan gambar secara manual, kebanyakan drafter dalam bekerja banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Mereka menghabiskan waktu lama di depan komputer untuk melakukan pekerjaan yang detail, drafter dapat mengalami kelelahan mata, punggung kaku / nyeri, dan tangan serta pergelangan tangan bermasalah. Kebanyakan drafter bekerja selama 40 jam seminggu, hanya sebuah karya paruh waktu yang sedikit.




*materi di kutip dari WIKIPEDIA

Comments

  1. yang berminat memakai jasa drafting, bisa hubungi saya di e-mail saya :
    jafi_alonpoo@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. yang minat memakai jasa drafting bisa juga hubungi saya di irvanfauzi87@gmail.com

    ReplyDelete
  3. saya sedang belajar menjadi seorang drafter , mohon bentuan nya :)

    ReplyDelete
  4. ada gak yah penjelasan drafter sampai 20 halaman,saya lagi buat makalah nih

    ReplyDelete
  5. Process piping or pipeline drafters, menyiapkan gambar-gambar yang akan gunakan pada pekerjaan konstruksi lapangan minyak dan gas, kilang minyak dan pabrik kimia.


    www.progambar.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

masukan sebagai dasar berkembangnya blog ini

Popular posts from this blog

Istilah NPS - DN dan Outside Diameter Pada Pipa

Sudah lama tidak posting, karena kesibukan dan kemalasan yang mendera. Baik kali ini akan coba kita bahas mengenai kode – kode pipa, saat kita akan mendesign atau membaca gambar pipa system, sering kali kita menjumpai kode NPS atau DN. Apa seeh maksudnya kode – kode ini dan apa kegunaannya akan coba kita bahas di sini. NPS (Nominal Pipe Size) & DN (Nominal Diameter) Dari standard ASME B16.5 Paragraf.1.9.2 ukuran NPS, diikuti oleh nomer tanpa dimensi (dimensionless) menunjukkan ukuran nominal flange atau sambungan (fitting) flange. NPS berhubungan dengan istilah nominal diameter (DN), yang digunakan sebagai satuan internasional (SI unit). Hubungannya seperti dibawah ini: NPS DN ½ 15 ¾ 20 1 25 1 ¼ 32 1 ½ 40 2 50 2 ½ 65 3 80 4 100 5 125 6 150 8 200 Untuk NPS ≥ 4, adalah kelipatan 25 Catatan

Sistem Kontruksi Kapal

Sistem Kontruksi Kapal Sistem kerangka/konstruksi kapal (framing system) dibedakan dalam dua jenis utama; yaitu sistem kerangka melintang (transverse framing system) dan sistem membujur atau memanjang (longitudinal framing system). Dari kedua sistem utama ini maka dikenal pula system kombinasi (combination/mixed framing system). Suatu kapal dapat seluruhnya dibuat dengan sistem melintang, atau hanya bagian-bagian tertentu saja (misalnya kamar mesin dan/atau cerukceruk) yang dibuat dengan sistem melintang sedangkan bagian utamanya dengan sistem membujur atau kombinasi; atau seluruhnya dibuat dengan sistem membujur. Pemilihan jenis sistem untuk suatu kapal sangat ditentukan oleh ukuran kapal (dalam hal ini panjangnya sehubungan dengan kebutuhan akan kekuatan memanjang), jenis/fungsi kapal menjadikan dasar pertimbangan-pertimbangan lainnya.. Untuk mengenali apakah suatu kapal, atau bagian dari badan kapal dibuat dengan sistem melintang atau membujur dapat dilihat pada panelp

Pengertian Dasar DWT, PAYLOAD dan GRT

Load Lines Load Line merupakan istilah formal yang diberikan untuk menandai bagian dari midship kapal pada kedua sisi dari kapal tersebut untuk menunjukkan batas sarat kapal ketika kapal bermuatan. Pembatasan sarat ini didapat dengan pengukuran dari dek kedap cuaca (normalnya dek freeboard) sampai pada tanda garis muat midship. Jarak ini disebut juga dengan “Freeboard” (lambung timbul) pada kapal. a. Design Draft Design Draft merupakan tinggi sarat air pada suatu kapal. Yaitu jarak dari dasar kapal sampai garis air muat (water line). b. Displacement Adalah jumlah volume air yang dipindahkan oleh berat suatu benda yang berada dalam air (tenggelam). Secara garis besa r, displacement adalah bobot mati dari sebuah kapal (berat konstruksi baja, outfitting dan machinery) ditambah dengan persediaan bahan bakar dan muatan dalam kapal (termasuk crew dan akomodasinya). c. Class Notation Dalam jangkauan klasifikasi, ciri-ciri lambung, mesin dan perlengkapan j